Welcome

Assalamuallaikum Wr. Wb.
Terimakasih telah membuka halaman ini.
Jangan lupa Melakukan Vote dan Memberi makan ikan ya !!!

Sabtu, 11 Februari 2012

Keajaiban Habbatus Sauda’



Keajaiban Habbatus Sauda’


Quantcast
Habbatus sauda’ (Nigella sativa) adalah tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam menyebutkan bahwa Habbatus sauda’ adalah obat bagi semua penyakit kecuali kematian. Disebutkan oleh Imam Al-Bukhari (hadits no. 5687), beliau meriwayatkan hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa dia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, artinya:
“Sesungguhnya di dalam Habbatus sauda’ terkandung obat untuk segala penyakit, kecuali as-sam.” Aku bertanya, “Apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “Maut.”
Di dalam riwayat Muslim (no. 2215) disebutkan:
“Tidak ada satupun penyakit melainkan di dalam habbatus sauda’ terdapat kesembuhan baginya, kecuali kematian.”
Menurut sejarah tanaman herbal ini berasal dari Mediterania (terutama Mesir) dan sekarang telah tersebar ke banyak wilayah dunia seperti di jazirah Arab (Yaman, Saudi Arabia), Siria, Irak, sebagian Asia Tengah (India, Pakistan), negara-negara Laut Tengah (Yunani, Siprus) dan Amerika.
Pakar medis di masa kini telah banyak yang mengakui kehebatan khasiat Habbatus Sauda. Dr. Stanley Kopok (USA) berkata: ”Habbatus sauda’ memiliki peran sangat penting untuk mencegah tumor dan dalam jangka waktu lama memperkuat sistem kekebalan tubuh” Sementara Dr. Tajul Aris Yang (Malaysia) mengatakan bahwa Omega yang terkandung dalam Habbatus sauda’ lebih besar 10 kali lipat dari pada DHA dan EPA.Beberapa manfaat Habbatus sauda’ diantaranya:
  1.  Menguatkan sistem kekebalan (immunity). Berdasarkan hasil penilitian, jinten hitam dapat meningkatkan jumlah sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Keberhasilannya hingga 72% jika dibandingkan dengan plasebo (hanya 7%). Demikian Dr. Basil Ali dan rekannya dari College of Medicine, di Universitas King Faisal menerangkan dalam jurnal Pharmasetik Saudi.
  2. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Dengan kandungan asam linoleat (Omega 6) dan asam linolenat (Omega 3), Habbatus sauda’ merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.
  3. Meningkatkan daya tahan hormone. Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endoktrin, yang masuk dalam peredaran darah. Dalam tubuh manusia terdapat berbagai jenis hormon, di antaranya hormon reproduksi yang berhubungan dengan gairah seksual. Salah satu kandungan Habbatus sauda’ adalah setrol yang berfungsi sebagai sintesa dan bioaktivitas hormon.
  4. Menetralkan racun dalam tubuh. Habbatus sauda’ mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.
  5. Mengatasi gangguan tidur dan stress. Sapion yang terdapat pada Habbatus Sauda’ mempunyai fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh, dan syaraf.
  6. Anti Histamin. Histamin adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma bronchial. Minyak yang dibuat dari Habbatus Sauda’ dapat mengisolasi dithymoquinone. Minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari Volatile Nigella. Pemberian minyak ini hasilnya positif terhadap penderita asma bronchial
  7. Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri. Habbatus sauda’ mengandung minyak atsiri dan minyak volatil yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri digunakan untuk obat diare
  8. Melancarkan air susu ibu. Koordinasi bagian lemak dan struktur hormon yang terdapat pada Habbatus Sauda’ dapat melancarkan air susu ibu.
  9. Tambahan nutrisi ibu hamil. Pada masa pertumbuhan, anak memerlukan nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Kandungan Omega 3, Omega 6 dan Omega 9 yang terdapat pada Habbatus Sauda’ merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin.
  10. Meremajakan sel-sel kulit dan menunda proses penuaan. Habbatus sauda’ sangat baik untuk menjaga kelembaban, kehalusan, dan keremajaan kulit.
  11. Nutrisi tambahan. Habbatus Sauda kaya dengan kandungan nutrisi sebagai tambahan tenaga, sangat cocok untuk orang lanjut usia, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun.
    Habbatus sauda’ juga mengandung 15 jenis asam amino penyusun protein termasuk di dalamnya 9 asam amino esensial. Asam amino tidak dapat di produksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, oleh karena itu harus disuplai dari makanan.
Demikian beberapa manfaat Habbatus sauda’ yang berhasil dikaji dari berbagai penelitian, semuanya bermuara pada satu kesimpulan akan kebenaran sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam bahwa di dalam Habbatus Sauda’ memang terdapat obat bagi segala penyakit kecuali kematian. Inilah keajaiban Habbatus sauda’ dibanding dengan obat-obatan lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar